Cara Melakukan Bisnis Online Bagi Para Pemula

cara melakukan bisnis online

Di kalangan orang awam, bisnis online mungkin masih membuat gampang bagi sebagian besar di antara mereka. Akan ada banyak pertanyaan mengenai bisnis online seperti bagaimana cara memulainya? Jenis bisnis online apa yang cocok? Cara melakukan bisnis online itu seperti apa? Berapa modal yang harus diperlukan? Cara supaya bisa menjaring pembeli sebanyak-banyaknya itu bagaimana? Dan pertanyaan-pertanyaan serupa yang seringkali membuat ragu untuk mencoba peruntungan dalam bisnis online ini. Padahal jika kita mau berusaha, tentu langkah ke depannya juga akan lebih mudah.

Baca Juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Kredit Motor Yamaha

Pertama-tama kita harus pahami terlebih dahulu apa itu bisnis online. Bisnis online merupakan kegiatan jual-beli atau bisnis yang dilakukan di dalam dunia maya (online) sehingga membutuhkan akses internet dalam proses interaksi maupun transaksi. Mengenai apa yang dibisniskan bisa beragam, mulai dari barang-barang berwujud, jasa hingga barang digital, seperti saham dan lain sebagainya. Meskipun tidak ada patokan mengenai langkah-langkah pasti dalam memulai bisnis ini, setidaknya berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan bisnis online bagi para pemula:

  • Putuskan lah apa yang akan Anda jual:

Sebelum Anda benar-benar terjun dalam siklus bisnis online, putuskan lah apa yang akan Anda jadikan komoditi jual. Sebab tujuan utama dalam bisnis adalah transaksi jual-beli yang menghasilkan keuntungan. Pikirkanlah apa yang akan Anda tawarkan melalui media-media online. Masih banyak orang yang salah langkah dalam tahap ini, mereka hanya tertarik pada produk, bukan pada apa yang dibutuhkan orang. Oleh karena itu coba lakukan cara di bawah ini:

  • Cari apa yang sering dibutuhkan oleh orang-orang, dalam hal ini adalah konsumen di dunia maya. Dari sekian banyak jenis bisnis online, ada beberapa komoditi yang masih sangat potensial misal fashion, kuliner, kosmetik dan jasa seperti desain atau layanan akomodasi.
  • Lakukan riset produk yang Anda jual dan bagaimana perputarannya di pasar.
  • Gunakan kemampuan Anda sebagai komoditi jual, jika Anda seorang desainer tentulah Anda bisa melemparnya ke pasar online.
  • Jika belum ada ide, cobalah menjadi reseller atau dropshipper online shop terlebih dahulu.
  • Buatlah lapak online.

Baca Juga: Cara Menangani Keluhan Pelanggan dalam Bisnis Anda

Cara melakukan bisnis online yang kedua tentu saja adalah dengan membuka lapak Anda secara online melalui media-media yang sudah tersedia, sebut saja situs jual beli online seperti situs e-commerce atau marketplace, bisa juga melalui social media semisal Facebook, Instagram, Twitter, aplikasi BBM, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin lebih serius lagi, gunakan website atau blog sendiri. Masing-masing media memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika memungkinkan cobalah lebih dari satu media, namun tetap fokus kepada satu media saja.

  • Promosikan.

Jika Anda sudah memiliki blog/website bisnis Anda sendiri, maka saatnya Anda mempromosikannya. Tujuannya tentu saja adalah untuk meningkatkan traffic kunjungan ke situs/blog Anda. Sebarluaskan website/situs Anda melalui social media. Pahami juga bagaimana membuat konten artikel menarik, kreatif yang sesuai SEO (Search Engine Optimization). Jika kebetulan Anda memanfaatkan media Instagram sebagai lapak, endorse-lah beberapa selebgram untuk mempromosikan produk Anda.

  • Carilah mentor.

Cara melakukan bisnis online agar semakin sukses dan sukses? Carilah mentor yang tepat. Belajarlah dari orang-orang yang sudah berpengalaman. Bila perlu kunjungi sebanyak-banyaknya seminar mengenai online marketing atau online business dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya. Karena pada awal-awal mendirikan bisnis online, Anda akan menemui banyak kendala, solusinya adalah konsultasi dengan mentor yang tepat dan bekali diri sendiri dengan banyak pengetahuan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*