Kini Mengurus E-KTP Hilang Bisa di Mana Saja

Mengurus E-KTP Hilang

Jika Anda berumur 17 tahun ke atas, memiliki KTP merupakan hal mutlak karena KTP adalah dasar legalitas Anda sebagai warga negara Indonesia. KTP juga berperan sebagai syarat mutlak dalam mengurus administrasi apa pun, mulai dari naik kereta, membuat rekening di bank dan sebagainya.  Namun,  ketika Anda dalam sebuah perjalanan panjang di luar daerah asal atau dalam keadaan merantau, kehilangan KTP tentu saja menjadi hal yang menyebalkan. Lalu bagaimana cara mengurus KTP hilang? Tenang saja, jangan panik karena sekarang Anda tak perlu pulang kampung untuk mengurus KTP hilang. Bahkan Anda juga dapat melakukan proses mengurus KTP hilang tanpa calo dan biaya sepeser pun.

Sejak 1 April 2016, KTP hilang bisa diurus di tempat kehilangan, jadi jika Anda sedang dalam perantauan atau berada di luar daerah asal, Anda tetap dapat mengurus KTP  hilang di mana saja. Hal ini mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 8 tahun 2016, tentang Perubahan ke-2 atas Permendagri Nomor 9 tahun 2011, tentang Pedoman Penerbitan Kartu Tanda Penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan nasional.

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa kembali apakah KTP Anda benar-benar hilang atau hanya terselip. Nah jika benar-benar hilang, maka Anda harus menyimak artikel ini dengan baik.

Jika Anda mengalami kehilangan KTP di luar daerah asal, tanda bukti yang harus dilengkapi untuk mencetak KTP di daerah lain meliputi surat kehilangan dari kepolisian. Jadi datanglah ke kantor polsek terdekat dari tempat kehilangan KTP. Ceritakan kronologis kehilangan kepada polisi saat membuat surat kehilangan.

Selain surat kehilangan, Anda juga harus membawa serta surat Kartu Keluarga (KK) (minimal dalam bentuk photocopy) sebagai lampiran dalam mengurus KTP hilang. Jadi mulai sekarang ada baiknya, jika Anda selalu membawa copy surat Kartu Keluarga (KK) kemana saja. Fungsinya sebagai dokumen pendamping sekaligus berjaga-jaga jika Anda mengalami kehilangan KTP. Jadi ketika KTP hilang, Anda tak perlu jauh-jauh pulang ke daerah asal hanya demi mengurus KTP hilang. Oh iya hal ini juga berlaku untuk E-KTP yang hilang ya…

Lalu bagaimana jika e-KTP yang Anda punya rusak? Sekali lagi Anda tak perlu khawatir karena e-KTP juga bisa dicetak ulang di luar domisili dengan melampirkan KK. Tata cara penerbitan ulang e–KTP yang rusak dapat dilakukan dengan mengisi formulir penerbitan e-KTP ke instansi pelaksana di luar domisili Anda. Siapkan juga materai Rp. 6000 untuk ditempelkan pada formulir yang Anda isi. Selain itu, jangan lupa lampirkan e-KTP yang rusak saat mengurus e-ktp yang hilang.

Cetak ulang e-KTP tidak dikenakan biaya dan syarat apapun, karena seluruh data setiap penduduk sudah terekam dalam setiap Nomor Induk Kependudukan (NIK) masing-masing penduduk. Saat ini program e-KTP belum sepenuhnya terintegrasi dengan sistem yang lain. E-KTP sangat berguna untuk pendataan penduduk secara keseluruhan. Jadi fungsinya bukan hanya informasi data diri seperti nama, tanggal lahir dan alamat.

Penerbitan e-KTP di luar domisili dimaksudkan untuk  untuk mempercepat dan memudahkan kepemilikan e-KTP bagi seluruh penduduk wajib KTP. Hal ini berlaku jika Anda tak mengalami perubahan data, data yang tersimpan di server dapat langsung cetak menjadi e-KTP baru. Jadi  sekarang ini seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tak perlu lagi repot bolak-balik ke kelurahan untuk mengurus KTP hilang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*