Tips Agar Tetap Segar dan Sehat Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Tips Agar Tetap Segar dan Sehat Saat Puasa di Bulan Ramadhan

 

Bulan Ramadhan, merupakan bulan yang paling ditunggu oleh banyak umat muslim di dunia, dimana pada bulan ini, segala kesalahan dalam perbuatan ataupun perkataan manusia akan mendapatkan pengampunan dari Yang Maha Kuasa. Pada bulan ini pulalah, umat muslim di dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, sebelum nantinya datang hari kemenangan bagi semua umat muslim di dunia. Dalam menjalankan ibadah puasa ini, tentulah tidak mudah, berbagai rintangan pasti terdapat didalamnya. Termasuk masalah pengubahan pola makan, yang dianggap oleh banyak orang dapat menganggu kesehatan mereka. Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya menjalankan ibadah puasa dapat membawa dampak kesehatan yang baik, jika kita jalankan dengan benar. Berikut ini sedikit ulasan mengenai tips sehat saat puasa, yang mungkin dapat Anda jalankan, agar nantinya Anda tetap berada dalam kondisi fit meskipun sedang menjalankan ibadah puasa.

Hal pertama yang perlu dijaga, agar tubuh dapat tetap menjalankan aktivitas, meskipun sedang menjalankan ibadah puasa adalah pola makan pada saat kita sahur. Pola makan sahur yang tepat, yang diimbangi dengan makanan yang mengandung banyak air, seperti buah-buahan dan sayuran, akan mampu menjaga tubuh kita dari dehidrasi yang mungkin terjadi ketika beraktivitas di siang hari. makanlah sahur, sesuai dengan porsi normal tetapi lebih mengutamakan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat sebagai penghasil kalori, sehingga dapat memberikan asupan energi pada tubuh Anda. Menyantap makan sahur pada akhir waktu, akan lebih disarankan untuk dapat menjaga stamina, dimana hal tersebut juga disunahkan oleh Rasul.

Berikut ini beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan pada saat santap sahur, sehingga nantinya badan akan tetap sehat saat puasa, yang antara lain adalah:

  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat gula pada saat santap sahur, karena hal tersebut justru akan membuat tubuh Anda menjadi lemas pada saat siang hari tiba.
  • Minumlah segelas susu pada saat sahur, agar dapat menambah stamina serta asupan gizi yang dibutuhkan selama sehari penuh.

Baca: Cara Menangani Keluhan Pelanggan dalam Bisnis Anda

  • Minumlah air putih secukupnya, ketika waktu sahur akan berakhir, dimana air putih ini akan mampu mencegah terjadinya dehidrasi ketika siang hari.
  • Hindari minuman yang mengandung kafein pada saat menjalankan santap sahur, karena hal tersebut justru dapat mempercepat keluarnya cairan dari dalam tubuh melalui urinisasi.

Selain hal tersebut diatas, bagi Anda yang memang tetap menjalankan aktivitas bekerja pada saat berpuasa, usahakan Anda memanfaatkan waktu istirahat kerja yang Anda miliki dengan optimal. Usahakan setelah Anda menjalankan shalat dzuhur, usahakan untuk merebahkan badan sejenak, agar energi dalam tubuh Anda terbangun kembali, sebelum melanjutkan aktivitas kerja lainnya. Manfaatkan dengan baik waktu istirahat yang Anda miliki.

Saat waktu berbuka puasa tiba, sebaiknya Anda memulai berbuka puasa dengan menyantap makanan ringan yang memiliki rasa manis, sehingga asupan zat gula yang diperlukan olah tubuh akan kembali secara perlahan. Menyantap buah kurma sebagaimana yang disunahkan oleh Rasul, akan lebih baik untuk Anda lakukan, daripada memulai berbuka puasa dengan berbagai makanan ringan yang disajikan dalam bentuk gorengan.

Untuk makanan besar, sebaiknya Anda menyantap nya setelah melakukan ibadah shalat Maghrib, agar perut yang tadinya kosong dapat beradaptasi terlebih dahulu. Berbukalah dengan porsi makan yang secukupnya dan jangan berlebih, karena hal tersebut justru akan membuat perut menjadi sakit. Pastikan Anda menyantap buka puasa dengan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan serat yang cukup. Tambahkan buah-buahan agar tubuh tetap sehat saat puasa esok hari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*