Ini Dia Jenis Buah yang Bagus Dikonsumsi Waktu Berbuka Puasa

Ini Dia Jenis Buah yang Bagus Dikonsumsi Waktu Berbuka Puasa

 

Waktu untuk berbuka adalah waktu yang paling ditunggu setelah sehari penuh berpuasa. Akan tetapi, saat berbuka puasa, ada beberapa makanan yang disarankan dan bagus untuk dikonsumsi dan ada beberapa yang sebaiknya tidak dikonsumsi langsung setelah berpuasa. Ada beberapa jenis buah yang bagus untuk dikonsumsi waktu berbuka puasa dan cara yang tepat untuk mengkonsumsi buah tersebut.

Menurut dokter Samuel Oetoro, SpGK yang merupakan pakar gizi menyebutkan jika cara mengkonsumsi buah yang bagus saat berbuka adalah dengan di jus atau diambil sarinya. Hal tersebut disebabkan karena tubuh Anda berpuasa selama 14 jam dan kadar gula orang yang berpuasa pasti mengalami penurunan, sehingga dengan sari buah yang dikonsumsi tersebut, penyerapan gula akan menjadi lebih cepat dan tubuh menjadi lebih cepat pulih dari rasa lemas. Sedangkan untuk sahur, buah bagusnya dikonsumsi dengan cara di jus atau dikonsumsi langsung.

Ada jenis buah yang bagus untuk berbuka. Pertama adalah kurma. Kurma mengandung glukosa, vitamin A, zat besi, riboflavin dan thiamin yang bagus untuk tubuh. Niasin dan riboflavin ini membantu untuk melepaskan energi dari karbohidrat sehingga Anda memiliki energi sedangkan niasin dan vitamin Anda memiliki manfaat untuk memelihara agar kulit tetap sehat. Kurma dapat meningkatkan keabsahan dari lambung yang terlalu asam setelah berpuasa selama 13-14 jam dan serat dari kurma tersebut bagus untuk proses pencernaan sehingga Anda bisa meminimalisir resiko terjadi masalah pencernaan.

Artikel Terkait: Tips Agar Tetap Segar dan Sehat Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Kedua adalah semangka. Buah yang memiliki kadar air yang melimpah ini cocok untuk dikonsumsi waktu berbuka puasa. Hal tersebut disebabkan karena semangka merupakan salah satu buah yang mudah untuk dicerna dan diasimilasi serta mampu memberikan energi dan nutrisi ke tubuh setelah berpuasa. Semangka yang mengandung air serta elektrolit hingga 92% ini membantu tubuh untuk mendapatkan cairan dan elektrolit yang hilang ketika Anda berpuasa. Warna merah pada semangka sendiri mengandung likopen yang bagus untuk mencegah penyakit jantung serta kanker prostat.

Ketiga adalah apel. Buah yang terkenal bagus untuk diet ini membantu sistem pencernaan agar bisa menyiapkan organ untuk menerima makanan yang lebih kompleks. Walaupun apel tidak memiliki kadar air yang banyak seperti halnya semangka, akan tetapi, apel memiliki kandungan serat yang lebih tinggi untuk membantu menjaga kesehatan saat puasa. Serat dan gula yang terkandung dalam apel membantu tubuh Anda untuk secara perlahan menaikkan kadar glukosa dalam tubuh sehingga tidak meningkatkan resiko kegemukan dan menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Buah lainnya yang bagus dikonsumsi waktu berbuka puasa adalah:

  • Anggur: Buah yang memiliki ukuran yang kecil ini termasuk buah yang mudah dicerna, mengandung air yang tinggi serta mengandung sehingga bagus untuk mengatasi kekurangan cairan setelah puasa dan membantu untuk menjaga sistem pencernaan sebelum Anda makan besar. Serat pada anggur membantu untuk mengatasi sembelit yang biasa dialami saat sedang berpuasa karena kekurangan cairan dan serat.
  • Blewah: Buah ini kaya akan vitamin A dan rasa manis yang dimiliki blewah mempunyai manfaat untuk absorpsi atau penyerapan di usus yang disebabkan karena makan tergesa-gesa. Blewah juga bisa membantu untuk menyerap racun di tubuh, mengatasi mual yang disebabkan karena stress.
  • Melon: Tidak berbeda dengan semangka, melon merupakan salah satu buah dengan kandungan air yang tinggi. Dalam 150 gr melon bisa untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan thiamine sebesar 35%.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*